[Panduan Lengkap] Cara Membuat Label Undangan Pernikahan dari Awal hingga Siap Cetak

7/19/2017
Label undangan adalah salah satu bagian surat yang memiliki fungsi cukup penting terutama jika sobat membuat surat undangan pernikahan. Kita tentu sudah tau kalau undangan itu tidak hanya dibuat untuk satu atau dua orang saja tetapi bisa mencapai ratusan bahkan jika yang menikah datang dari keluarga yang cukup dikagumi di lingkungannya biasanya bisa sampai ribuan undangan.

Lantas bagaimana cara membuat label undangan sebanyak itu, apakah harus ditulis satu per satu?

Dahulu kita mau tidak mau harus menulis label secara manual menggunakan bolpoin tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi jika jumlahnya mencapai ribuan undangan.

Tetapi kini teknologi semakin berkembang dimana banyak sekali aplikasi komputer yang dapat mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan termasuk membuat label undangan, sekarang hanya dengan beberapa kali klik saja label pun bisa langsung kita cetak dan siap gunakan.

Sebetulnya cara ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuat label undangan saja tetapi bisa juga gunakan untuk membuat label produk dagangan.

Cara Membuat Label Undangan

Untuk membuat label kita akan menggunakan aplikasi yang cukup populer dalam dunia perkantoran dan surat menyurat yakni Microsoft Office Word dan Excel. Disini saya menggunakan Microsoft Office 2013 jika sobat menggunakan versi 2007, 2010, 2016, atau versi yang lebih lama jangan khawatir karena caranya tidak jauh beda.

Cara Membuat Label Undangan

Agar proses pembuatan dapa lebih mudah dipahami dan bisa dipraktikkan langsung saya akan membaginya menjadi tiga bagian yang pertama membuat data undangan berisi nama dan alamat orang yang akan di undang menggunakan Microsoft Excel.

Kedua kita akan membuat dan mengtur ukuran stiker label undangan menggunakan Microsoft Word.

Bagian terakhir yaitu memasukkan data penerima undangan dari Microsoft Excel ke Word sampai siap untuk di print.

Kita mulai dari pembuatan data undangan terlebih dahulu!

1. Membuat Data Penerima Undangan di Microsoft Excel

Pada umumnya data penerima undangan pernikahan hanya berisi nama dan alamat saja, namun sobat juga bisa menambahkan beberapa data yang dibutuhkan. Buka aplikasi Microsoft Excel yang sobat miliki kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama: masukkan semua data penerima undangan mulai dari Nama dan Alamat orang yang ingin diundang contohnya seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Label Undangan

Sebetulnya sobat juga bisa menambahkan data lain misalnya nomor telepon, tinggal tambahkan saja di kolom C data nomor telepon penerima undangan.

Jika sudah silahkan simpan dengan cara pilih menu FILE pilih Save As kemudian letakkan di tempat yang mudah dicari. agar pada saat menggabungkan data dengan label bisa lebih mudah dilakukan.

Sampai disini sobat sudah sukses membuat data penerima undangan. Kita lanjut ke bagian dua yaitu membuat dan mengatur ukuran tabel

2. Membuat dan Mengatur Ukuran Label Undangan

Setiap kertas stiker label memiliki ukuran yang berbeda-beda akan tetapi label yang paling banyak digunakan adalah 103 (3,2 x 6,4 cm) dan 121 (3,7 x 7,5 cm) selain itu sobat juga bisa mengukurnya secara manual menggunakan penggaris.

Tapi apabila sobat mengetahui kode label dan ingin mengetahui ukuran tinggi dan lebarnya dalam satuan cm silahkan baca ukuran label undangan pernikaha yang telah saya buat sebelumnya.

Karena yang paling banyak digunakan adalah label 103 oleh karena itu saya akan membuat label dengan ukuran tersebut. Disini kita akan menggunakan Microsoft Word silahkan buka aplikasinya kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini. Mari kita mulai!

1. Langkah pertama: pada tampilan awal lembar kerja Microsoft Word silahkan pilih menu MAILINGS (panah no.1) lalu pilih Labels (panah no.2), maka akan muncul kotak dialog Envelopers and Labels silahkan pilih Options (panah no.3) maka akan muncul lagi kota dialog Label Options silahkan pilih New Label... (panah no.4).

Cara Membuat Label Undangan

2. Langkah kedua: setelah anda melakukan langkah pertama maka akan muncul lagi kotak dialog untuk mengatur ukuran dan jarak kertas label. Silahkan isi sesuai dengan ukuran label yang digunakan jika menggunakan label 103 sobat bisa menyesuaikan seperti gambar dibawah.

Apabila ukuran label yang sobat gunakan berbeda sobat bisa mengatur ukurannya sesuai dengan tinggi dan lebar label di bagian Label height dan Label Width yang saya lingkari warna merah pada gambar dibawah.

Karena disini saya menggunakan label 103 maka pada bagian Label height dan Label width saya isi dengan 3,2 dan 6,4 karena memang ukuran label 103 yaitu 3,2 cm x 6,4 cm. Perlu diketahui bahwa ukuran tersebut memiliki satuan sentimeter (cm).

Cara Membuat Label Undangan

Sebetulnya dalam bagian preview anda juga bisa mengetahui setiap fungsi dari Label Detail karena apabila diubah ukurannya bagian review akan bergerak secara otomatis menyesuaikan, jika masih belum jelas berikut ini merupakan penjelasan dari bagian Label Details:
  • Label name: isi dengan nama label
  • Top margin: jarak dari ujung atas kertas ke ujung atas label
  • Side margin: jarak dari sisi kertas ke ujung sisi label
  • Vertical pitch: jarak dari atas label ke atas label lain yang ada dibawahnya
  • Horizontal pitch: jarak dari sisi kiri label ke sisi kiri label lain yang ada disampingnya.
  • Label height: tinggi label
  • Label width: lebar label
  • Number across: jumlah label dari kiri ke kanan (per kolom)
  • Number down: jumlah label dari atas ke bawah (per baris). Sesuai contoh label diatas, jadi jika kita gabungkan (Number across) 3 x (Number down) 4 maka jumlah label dalam satu halaman ada 12 buah.
  • Page size: (pilih costum)
  • Page width: lebar satu lembar kertas yang berisi label
  • Page Height: tinggi satu lembar kertas yang berisi label

Apabila sudah di isi semua dengan lengkap silahkan pilih tombol OK lalu OK kemudian pilih New Document.

Maka secara otomatis membuat lembar kerja baru lengkap dengan garis-garis yang telah ditentukan pada langkah sebelumnya, kurang lebih seperti gambar dibawah ini tampilannya.

Cara Membuat Label Undangan

Pengaturan ukuran label sudah disesuaikan, jangan ditutup lembar tersebut. Lanjut ke bagian tiga untuk memasukkan data undangan.

3. Terakhir, Memasukkan Data Penerima Undangan ke dalam Label

Pada bagian terakhir ini kita akan memasukkan data penerima undangan di Microsoft Excel yang telah dibuat pada bagian pertama ke dalam label yang telah dibuat dengan Microsoft Word.

Semangat dan tetap fokus ini bagian terakhir lho 😀 suruput dulu kopi dan camilannya. Sudah? Mari kita mulai lagi!

1. Langkah pertama: pilih menu MAILINGS (panah no.1) pilih Select Recipients (panah no.2) maka akan muncul beberapa pilihan silahkan pilih Use an Existing List... (panah no.3).

Silahkan cari dan pilih data penerima undangan yang telah dibuat sebelumnya pada bagian pertama, silahkan lihat gambar dibawah ini merupakan Data Undangan yang telah saya buat (panah no.4) jika sudah ketemu silahkan pilih Open (panah no.5). Maka akan muncul kotak dialog pilih OK (panah no.6).

Cara Membuat Label Undangan

Kok tidak ada perubahan? Tenang saja memang langkah pertama ini tidak mengubah tampilan tetapi data undangan telah kita masukkan ke Microsoft Word. Lanjut...

2. Langkah kedua: letakkan kursor di label pertama kemudian sesuaikan ukuran, jenis font, dan posisinya yang tersedia di menu HOME karena nantinya semua gaya penulisan label akan mengikutinya.

Jika sudah silahkan pilih menu MILINGS (panah no.1) lalu pilih Insert Merge Field (panah no.2) kemudian pilih Nama (panah no.3) maka secara otomatis akan muncul kode <<Nama>> seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Label Undangan

Ulangi langkah tadi untuk memasukkan Alamat penerima undangan tetapi pada panah no.3 pilih Alamat, kemudian dibagian tengahnya sertakan "di" jika sudah kurang lebih seperti gambar dibawah ini tampilannya.

Cara Membuat Label Undangan

3. Langkah ketiga: copy isi tulisan dikotak pertama ke kotak kedua, caranya blok semua isi kotak pertama kemudian tekan Ctrl + C pada keyboard. Letakkan kursor di kotak kedua kemudian tekan Ctrl + V, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Label Undangan

 4. Langkah keempat: letakkan kursor disebelah kiri kode <<Nama>> label kedua (panah no.1), kemudian pilih menu MAILINGS (panah no.2) pilih Rules (panah no.3) pillih New Record (panah no.4).

Maka di sebelah kiri kode <<Nama>> label kedua akan muncul kode <<Next Record>> seperti contoh gambar dibawah.

Cara Membuat Label Undangan

Next Record berfungsi untuk meneruskan data dari data yang terdapat pada Excel, jadi nama dan alamat tiap label nanti akan berbeda sesuai dengan data yang telah di buat pada Microsoft Excel.

5. Langkah kelima: copy isi label kedua kemudian paste pada semua label, caranya isi label kedua lalu tekan Ctrl + C pada keyboard, letakkan kursor pada label selanjutnya kemudian tekan Ctrl + V ulangi sampai dengan seluruh label terisi semua seperti gambar dibawah.

Jika saya memiliki data hingga 1000 penerima undangan apakah saya harus mengcopy 1000 kali?

Tidak, sobat hanya mengisi label pada satu lembar kerja atau satu kertas saja nantinya data tersebut akan menyesuaikan dengan sendirinya sesuai jumlah data di Excel. Jika sudah hasilnya seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Label Undangan

6. Lanngkah keenam: apabila label sudah terisi semua seperti gambar diatas, tinggal kita print. Tetapi jika sobat ingin mengetahuinya dulu seperti apa jadinya silahkan pilih Preview Results maka akan berubah secara otomatis.

Jika sudah sesuai pilih menu MAILINGS (panah no.1) kemudian pilih Finish & Merge (panah no.2) maka akan muncul beberapa pilihan silahkan pilih Edit Individual Documents... (panah no.3) maka akan muncul kotak dialog Merge to New Document. Pilih All (panah no.4) terakhir pilih OK (panah no.5)

Cara Membuat Label Undangan

Maka kode <<Nama>> dan <<Alamat>> akan berubah sesuai dengan data yang telah dibuat pada Microsoft Excel. Kurang lebih akan tampak seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Label Undangan

Sampai disini stiker label undangan pun siap untuk di print.

Kesimpulan

Sebetulnya cara ini tidak begitu sulit jika dibandingkan menulis secara manual dengan bolpoin namun karena saya menjelaskannya secara lengkap seolah langkahnya begitu panjang dan rumit, oleh karena itu cobalah dibaca langkah demi langkahnya sambil dipraktikkan.

Ada beberapa masalah yang sering dialami ketika dialakukan pencetakan. Salah satunya adalah teks tiap label keluar dari garis pembatas label alias keluar jalur, biasanya hal ini terjadi karena sobat tidak sesuai mengatur Page Width dan Page Height pada bagian kedua langkah kedua diatas. Pastikan tinggi dan lebar kertas yang berisi stiker label undangan sesuai dengan bagian tersebut.

Demikian artikel kali ini, apakah berhasil menggunakan cara ini? Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mengalami masalah silahkan tulis dikolom komentar.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.