Cara Menonaktifkan Automatic Windows Update di Windows 7 secara Permanen

10/20/2016
Windows update adalah fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows yang disediakan oleh Microsoft fitur ini berfungsi untuk memperbaharui aplikasi atau software Produk Microsoft yang terpasang pada komputer seperti Internet Explore, Microsoft Office, dan sistem-sistem lainnya. Jika anda belum menonaktifkan fitur ini secara default fitur ini akan aktif sendiri pada saat pemasangan Windows.

Namun fitur ini jarang digunakan oleh penggunanya sebagian besar orang sengaja mematikan fitur Windows Update ini dengan alasan fitur tersebut kerap kali dianggap dapat menguras kuota internet dengan sekejap, pada saat melakukan proses update komputer menjadi lemot, proses shutdown menjadi lama, jika update telah selesai komputer akan mati sendiri.

...Ya, memang betul seperti itu nyatanya.

Tentu ini akan sangat mengganggu pekerjaan anda bukan? Pasti!

Oleh karena itu dari pada hal tersebut mengganggu pekerjaan anda lebih baik dimatikan saja. 

...Apakah berpengaruh buruk terhadap kesehatan komputer/laptop? Tidak!

Mengapa? 

Pasti anda sudah mempunyai software-software pihak ke tiga seperti antivirus dan lain sebagainya dan tentunya komputer anda akan aman dari serangan virus meskipun bukan antivirus buatan microsof seperti AVG dan Avast. Hanya saja jika anda mematikan fitur tersebut anda tidak mendapatkan pembaharuan sistem dari Microsoft, tapi jangan khawatir kan sudah banyak software-software pihak ke tiga.

Menonaktifkan Automatic Windows Update

Mending komputer anda Lambat atau Gesit? Jika anda memilih gesit silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini cara ini bisa anda gunakan di Windows 7, tetapi jika anda menggunakan Windows XP, 8, atau 10 caranya tidak jauh beda kok dengan cara ini.

Cara Menonaktifkan Automatic Windows Update di Windows 7

Sebelum mengikuti langkah-langkahnya pastikan komputer dalam keadaan hidup, jika komputer anda sedang mati silahkan dihidupkan dahulu.
  • Langkah pertama, pada tampilan awal desktop pilih Star menu ini terletak di bagian pojok kiri bawah dengan ikon window (panah no.1), kemudian pilih Control Panel (panah no.2).
    Menonaktifkan Automatic Windows Update di Windows 7
  • Langkah ke dua, setelah langkah pertama anda lakukan maka akan muncul tab control panel silahkan pilih System and Security (panah no.1), pilih Windows Update (panah no.2), kemudian pilih Change Setting (panah no.3).
    Menonaktifkan Automatic Windows Update di Windows 7
  • Langkah ke tiga, setelah anda lakukan langkah tadi disinilah kita akan mulai menonaktifkannya, pada menu Important updates silahkan ganti dengan Never check for updates (not recommended) (panah no.1), jika sudah pilih OK (panah no.2).
    Menonaktifkan Automatic Windows Update di Windows 7
  • Langkah ke empat, silahkan Restart komputer anda lalu lihat hasilnya.

Nah hanya dengan tiga langkah diatas anda tidak akan lagi merasakan pahitnya kehilangan kuota secara cuma-cuma dan lemotnya komputer ketika sedang digunakan, karena windows update sudah dimatikan, jangan lupa selalu update antivirus secara berkala ya. Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.