Cara Jitu Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Total Tidak Bisa Nyala

10/27/2016
Jika anda pernah merasakan bagaimana rasanya ketika laptop sedang digunakan berselancar di internet atau bermain game tiba-tiba mati total secara mendadak, pasti panik dan tidak karuan, apalagi jika laptop tersebut bukan laptop punya sendiri melainkan laptop orang lain atau laptop orang tua tentunya kita mau tidak mau harus memperbaikinya sampai kembali normal.

Bisa jadi masalah ini disebabkan karena kebiasaan buruk yang dianggap sepele seperti menggunakan laptop sambil diletakkan dibagian yang tidak datar seperti kasur yang dapat menyebabkan tertutup aliran udara pada laptop sehingga udara pada laptop menjadi tidak keluar dan menyebabkan panas berlebihan yang akhirnya laptop menjadi mati mendadak.

Cara Jitu Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Total Tidak Bisa Nyala

Oleh karena itu tetap gunakan laptop dengan baik dan benar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Jika laptop sudah terlanjur mati total sebaiknya periksa dahulu sebelum membawanya ke tukang service, siapa tahu masalahnya tidak terlalu berat. Untuk itu simak caranya dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop yang Mendadak Mati Total

Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menghidupkan kembali laptop yang mati total silahkan coba satu persatu cara dibawah ini.

1. Bersihkan Kipas Pendingin (fan) Laptop

Bersihkan kipas pendingin pada laptop dan pastikan kipas tersebut berjalan dengan baik, seringkali jika komputer anda sudah berumur lama bisa dipastikan banyak debu-debu yang menempel pada kipas sehingga menghambat putaran kipas. Jika memang fan laptop mati segeralah ganti dengan yang baru karena itu merupakan pendingin satu-satunya pada laptop, apabila anda menggunakannya laptop dalam keadaan pendingin mati bisa dipastikan laptop anda mengalami Overheating.

2. Bersihkan Mainboard Laptop

Mainboard adalah perangkat keras yang mehubungkan perangkat keras yang satu dengan yang lainnya seperti RAM, Hardisk, dan lainnya. Bersihkan mainboard menggunakan kuas halus secara perlahan supaya tidak merusak komponen dan soldier pada laptop.

3. Bersihkan RAM Menggunakan Penghapus

Tidak hanya kipas yang sering berdebu RAM juga sering mengalami hal yang sama apalagi jika laptop anda sudah lama tidak dibersihkan. RAM yang berdebu bisa menyebabkan kinerja komputer terhambat. Bersihkan kuningan RAM menggunakan penghapus sampai bersih secara perlahan agar tidak merusak kuningan dan bagian yang lainnya bersihkan menggunakan kuas halus.

4. Periksa Pasta Prosesor

Apabila pasta prosesor mengering maka panas prosesor tidak dapat dikendalikan dan akhirnya hal ini bisa menyebabkan laptop mati mendadak karena Overheating (panas berlebihan). Nah untuk itu oleskanlah pasta khusus prosesor secara merata "awas bukan pasta gigi". Biasanya pasta prosesor dijual di tempat-tempat peralatan komputer dengan harga terjangkau.

5. Hidupkan Laptop tanpa Battery (Menggunakan Charger)

Cobalah hidupkan laptop tanpa menggunakan battery tetapi sambil di hubungkan dengan charger, hal ini untuk mengetahui apakah battery mengalami masalah (korsleting) atau tidak. Biasanya ini juga bisa disebabkan karena korsleting pada battery, tanpa menggunakan battery laptop dapat hidup dapat dipastikan battery laptop lah yang mengalami masalah.

6. Cabut Beberapa Komponen Laptop

Cabut komponen wifi card, harddisk dan lainnya. Nyalakan laptop hanya dengan komponen memory dan prosesor. Hal ini karena pada beberapa kasus komponen-komponen tersebut mengalami korsleting yang dapat menyebabkan latptop tidak bisa hidup. Apabila dengan cara ini laptop bisa dihidupkan berarti ada salah satu komponen yang dilepas mengalami kerusakan.


Apabila dengan cara diatas laptop masih tidak mau hidup bisa dipastikan laptop mengalami kerusakan yang serius yang harus diperbaiki oleh ahlinya, sebaiknya bawalah ke tempat service resmi sesuai merk laptop yang anda gunakan. Jangan terus-terusan mengakalinya sendiri, yang ada nanti malah tambah parah bukan malah hidup.


Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Komputer Mati Total

Agar tidak terjadi lagi hal yang tidak diinginkan menimpa laptop anda sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini.

1. Mengoperasikan Laptop di Permukaan yang Tidak Rata

Kebiasaan pertama ini yang sering diabaikan padahal dampaknya sangat bahaya terhadap perangkat laptop jika dilakukan terus menerus. Mengoperasikan komputer dipermukaan yang tidak datar seperti di bantal, tempat tidur, kasur, dan lain sebagainya dapat menghambat keluar masuknya udara jika udara pada laptop tidak bekerja secara baik maka laptop akan menjadi panas dan akhirnya Overheating atau mati karena panas berlebihan.

2. Menggunakan Laptop Seharian Penuh

Selain manusia yang perlu istirahat laptop juga membutuhkan istirahat. Komponen pada laptop seperti Ram, Memory, Hardisk membutuhkan istirahat apalagi jika anda mempekerjakan laptop secara keras misalnya untuk mendownload, streaming, main game online dan lain sebagainya tentu komponen pada laptop akan ikut bekerja secara keras. Oleh karena itu istirahatkanlah secara teratur agar kinerja komponen pada laptop tidak terganggu.


Untuk tambahan saja jika anda sering mempergunakan laptop secara keras gunakanlah Cooling Pad supaya suhu pada laptop tetap dingin. Demikian yang dapat saya bagikan mengenai cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati total dan tidak bisa nyala ini, semoga cara ini bisa membantu anda dalam mengatasinya.

Apabila ada pertanyaan atau masalah lain silahkan tulis dikolom komentar pasti akan saya berikan solusi terbaiknya. Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.