Cara Jitu Mengaktifkan Wifi / Wireles Laptop dan Komputer

10/24/2016
Wifi atau Wireles yang tersedia pada laptop dapat mempermudah kita dalam melakukan aktivitas berselancar mencari informasi di internet kapan saja dan dimana saja tidak perlu ribet lagi dengan alat-alat yang tertancap pada komputer anda seperti modem, kabel dan lainnya. Tetapi anda juga harus melakukan perselancaran di lokasi yang tersedia Wifi seperti disekolah, kafe, mal biasanya tempat-tempat tersebut menyediakan wifi secara gratis.

Dulu ketika saya pertama kali berkunjung ke kafe saya melihat ke tembok kafe tersebut banyak kertas yang ditempel dengan tulisan "Free Wifi" awalnya saya tidak tahu jika ditempat tersebut tersedia wifi yang dapat di akses secara gratis sepuasnya. Kebetulan saya membawa laptop dan mencoba menyalakan laptop karena saya ingin sekali merasakan gurihnya wifi gratis wkwk..

"tapi jangan lupa sambil ngopi ya biar gak ketahuan berburu wifi gratisannya wkwkwk"

Yang jadi masalah ketika laptop sudah menyala ikon wifi entah kenapa tak kunjung muncul.. berbagai cara sudah saya lakukan biar ikon tersebut muncul..

....Tapi....

Setelah lama saya obrak-abrik pengaturan wifinya tak juga membuahkan hasil.. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk pulang karena waktu itu hari sudah larut malam dan saya perlu istirahat...

Setelah ke esokan harinya akhirnya saya obrak-abrik lagi pengaturan wifinya dan mencobanya dengan wifi HP.. Alhasil hanya perlu 5 menit wifi laptop pun berhasil saya hubungkan dengan wifi HP..

Ternyata wifi laptop yang saya pakai terdisable... Akhirnya ke esokan harinya lagi saya berkunjung ke kafe itu lagi dan saya coba hubungkan... Akhirnya berhasil dan sukses merasakan gurihnya wifi gratis wkwkwk..

Nah untuk itu saya ingin membagikannya tutorial tentang cara mengaktifkan Wifi Disable dan Wifi Off di laptop atau komputer agar anda tidak merasakan hal yang sama seperti saya.

Ini Bedanya Wifi Disable dengan Wifi Off

Sebelum anda mengaktifkan wifi pastikan terlebih dahulu apakah wifi pada laptop anda Disable atau Off. Berikut ini ciri dan perbedaannya.
  • Wireless Disable: pada System Tray ikonnya akan menjadi antena komputer dan tanda silang dan pada menu Windows Mobility Center bagian Wireless Network tidak ada.
  • Wireless Off: pada System Tray ikonnya akan menjadi bar sinyal dan silang pada menu Windows Mobility Center bagian Wireles Network ada.
Cara Mengaktifkan Wifi Laptop dan Komputer

Cara Mengaktifkan Wifi Disable dan Wifi Off

Untuk mengaktifkan Wifi Disable pada laptop silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.
  • Langkah pertama, pada System Tray pilih ikon Wifi Disable (panah no.1), pilih Open Network and Sharing Center (panah no,2) maka akan muncul tab Network and Sahring Center, pilih Change adapter Setting (panah no.3) maka akan muncul tab Network Connections, Klik Kanan pada Wireless Network Connection (panah no.4), pilih Enable (panah no.5), maka ikon sinyal akan menjadi berwarna hijau (panah no.6).
    Cara Mengaktifkan Wifi Laptop dan Komputer
Setelah langkah pertama anda lakukan maka ikon nya menjadi Wifi Off, nah jika anda hanya mengalami Wifi Off silahkan ikuti dari langkah ke dua dibawah ini.
  • Langkah kedua, lihat ikonnya menjadi Wifi Off kan (panah no.1), pilih Star Menu (panah no.2), pilih Control Panel (panh no.3) maka akan muncul tab control panel, pada bagian Hardware and Sound pilih Adjust commonly used mobility setting (panah no.4) maka akan muncul tab Windows Mobility Center silahkan pilih Turn wireless on (panah no.5).
    Cara Mengaktifkan Wifi Laptop dan Komputer

Nah selamat... kini wifi anda siap untuk dihubungkan..

Kesimpulan:
#1. Apabila anda mengalami masalah Wireless Disable silahkan ikuti langkah-langkah diatas dari langkah pertama sampai kedua.
#2. Apabila anda mengalami masalah Wireless Off silahkan ikuti langkah-langkah di atas dari langkah kedua.

Jangan lupa setelah dipakai matikan kembali wireless nya, supaya battery laptop tahan lama dan tidak cepat habis. Demikian artikel mengenai cara mengaktifkan wifi pada laptop atau komputer ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu anda.

Jika anda masih kebingungan dan belum berhasil dengan cara diatas, silahkan tulis dan tanyakan di kolom komentar akan saya bantu sampai tuntas.

Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.