Cara Menampilkan Notifikasi Low Battery di Laptop

10/28/2016
Saking asiknya menggunakan laptop seringkali membuat seseorang lupa segalanya, apalagi jika sudah bermain game online. Sampai-sampai lupa mencolokkan charger ketika battery laptop sudah low sampai akhirnya laptop hibernate karena baterai lemah, tentunya ini sangat mengganggu pekerjaan anda bukan?

Dulu hal ini pun seringkali saya alami ketika lagi asik berselancar di dunia maya eh.. tiba-tiba laptop hibernate... nah salah satu cara agar anda tidak kebablasan sampai laptop hibernate karena baterai lemah yaitu dengan mengaktifkan notifikasi low battery yang telah disediakan pada sistem operasi windows.

Pada tutorial ini saya menggunakan windows 7, jika anda menggunakan windows yang berbeda silahkan disesuaikan saja karena caranya tidak beda jauh kok. Yuk simak langkah-langkah nya berikut ini.

Cara Menampilkan Notifikasi Low Battery di Laptop

Disini kita akan mengatur supaya komputer hibernate pada saat battery 5% dan notifikasi Low Battery muncul pada saat baterai 10%.

Cara Menampilkan Notifikasi Low Battery di Laptop

Silahkan klik ikon baterai yang terletak di pojok kanan bawah (panah no.1), pilih Adjust screen brightness (panah no.2).

Maka akan muncul tab pengaturan baru pilih pada bagian Balanced pilih Change plan setting (panah no.3). Maka akan muncul tab pengaturan Balanced silahkan pilih Change advanced power settings (panah no.4).

Setelah itu maka akan muncul lagi pengaturan power pastikan dalam mode Balanced [active] (panah no.5). Carilah pengaturan Battery (panah no.6).

Kemudian atur seperti gambar diatas atau seperti berikut ini.
[-] Critical battery action
On battery: Hibernate
Plugged in: Do nothing

[-] Low battery level
On battery: 10%
Plugged in: 10%

[-] Critical battery level
On battery: 5%
Plugged in: 5%

[-] Low Battery notification
On battery: on
Plugged in: on

[-] Reserve battery level
On battery: 7%
Plugged in: 7%

Apabila semuanya sudah sama seperti diatas silahkan pilih Apply (panah no.7), kemudian OK (panah no.8).


Nah sekarang notifikasi low battery akan muncul pada saat baterai tersisa 10%, jadi anda tidak akan  lupa lagi mengisi daya baterai karena jika baterai sudah low akan muncul peringatan untuk mencolokkan charger.

Demikian artikel yang cukup singkat ini, semoga artikel ini bisa membantu anda. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mengalami kendala tentang penerapan cara diatas silahkan tulis dikolom komentar.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.