Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop

10/02/2016
Banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat slideshow mulai dari aplikasi pada ponsel sampai komputer, mungkin anda juga pernah membuat slideshow menggunakan ponsel, tetapi tahukah anda bahwa slideshow bisa juga dibuat dengan menggunakan photoshop loh yaitu aplikasi editor foto yang bisa anda pasang pada komputer.

Dengan menggunakan photoshop anda bisa mengatur kecepatan pergantian dari foto ke foto (delay) dan mengatur lamanya slideshow berjalan (loop). Biasanya foto yang digunakan untuk slideshow yaitu foto-foto yang sangat mengenang seperti foto pemandangan, bayi, dan lainnya. tetapi sayangnya photoshop tidak menyediakan animasi saat pergantian dari foto ke foto lain. 

Nantinya animasi ini akan kita simpan dengan format GIF, dan hasilnya nanti bisa anda upload ke sosial media atau bisa juga digunakan untuk foto BBM agar terlihat berbeda dengan foto-foto yang orang lain gunakan. Sebelum anda mengikuti tutorial ini silahkan dipersiapkan aplikasi dan fotonya, untuk jumlah foto tidak dibatasi tetapi untuk tutorial ini saya menggunakan 3 foto saja.

Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop

Jika sudah dipersiapkan silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini dengan teliti.

Cara Membuat Slideshow Foto Menggunakan Photoshop

  • Langkah pertama, kita akan membuat dokumen dengan lebar 600 pixel dan tinggi 400 pixel atau anda juga bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Caranya, pilih menu File (panah no.1), pilih New (panah no.2) maka akan muncul tab New, atur lebar atau width dan tingginya atau height (panah no.3), jika sudah pilih OK (panah no.4).
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke dua, kita akan memasukkan foto-foto yang akan dijadikan slideshow ke photoshop. Caranya, pilih menu File (panah no.1), pilih Open (panah no.2), lalu cari foto dan pilih semua foto yang ingin anda jadikan slideshow atau anda juga bisa membuka satu persatu foto jika berbeda folder (panah no.3), jika sudah pilih Open (panah no.4).
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke tiga, kita akan mengcopy foto-foto yang telah anda buka tadi pada langkah kedua supaya masuk menyatu kedalam dokumen yang telah dibuat pada langkah pertama. Caranya, pilih layer foto ke1 (panah no.1) lalu tekan Ctrl+A kemudian tekan lagi Ctrl+C, pilih lembar dokumen (panah no.2) lalu tekan Ctrl+V.

    Pilih layer foto ke2 (panah no.3) lalu tekan Ctrl+A kemudian tekan lagi Ctrl+C, pilih lembar dokumen (panah no.4) lalu tekan Ctrl+V.

    Pilih layer foto ke3 (panah no.5) lalu tekan Ctrl+A kemudian tekan lagi Ctrl+C, pilih lembar dokumen (panah no.6) lalu tekan Ctrl+V.

    Jika sukses maka layer-layer foto berada di lembar dokumen seperti gambar dibawah (panah no.7).
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke empat, jika ukuran foto tidak sesuai dengan lembar dokumen silahkan disesuaikan sampai pas. Caranya, pilih layer foto yang tidak sesuai ukurannya (panah no.1), kemudian tekan Ctrl+T pada keyboard kemudian tarik sambil menekan tombol Shift agar foto tidak pecah (panah no.2).
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke lima, pada langkah ini kita akan memunculkan window timeline dan menduplikat frame menjadi 3 sesuai dengan jumlah foto. Caranya pilih menu Window (panah no.1), pilih Timeline jika anda menggunakan Photoshop CS6 jika menggunakan Photoshop CS3 pilih Animation (panah no.2), maka akan muncul tab timeline atau animation silahkan pilih Duplicates Selected Frames sesuai dengan jumlah foto (panah no.5), maka akan muncul frame yang telah di duplikat tadi (panah no.4).
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke enam, pilih Frame 1 kemudian hilangkan ikon mata pada Layer 2 dan 3 (panah no.1), pilih Frame 2 kemudian hilangkan ikon mata pada Layer 1 dan 3 (panah no.2), pilih Frame 3 kemudian hilangkan ikon mata pada Layer 1 dan 2 (panah no.3).
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke tujuh, kita akan mengatur waktu pergantian atau slide dari foto ke foto. Caranya blok semua frame dengan cara pilih Frame 1 tekan Shift lalu pilih frame 3, pilih ikon Frame Delay Time (panah no.1), kemudian atur menjadi 2.0 atau anda dapat menyesuaikan sendiri sesuai selera (panah no.2).
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke delapan, kita akan mengatur looping atau pengulangan. Caranya pilih Selects looping options (panah no.1), kemudian pilih Forever jika anda ingin slideshow berjalan terus tanpa henti, pilih once jika anda ingin slideshow berhenti ketika semua foto sudah ditayangkan, dan pilih 3 Times jika anda ingin slideshow berhenti setelah 3 menit atau pilih Other jika anda ingin slideshow berhenti sesuai dengan lama (menit) yang ditentukan.
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke sembilan, sebelum menyimpan slideshow tentunya kita harus mengetes nya terlebih dahulu apakah ada kesalahan atau tidak. Caranya pilih ikon Plays animation (panah no.1), pilih lagi ikon tersebut jika anda ingin menyetopnya sebelum looping berakhir.
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop
  • Langkah ke sepuluh, Jika semuanya sudah selesai kita akan menyimpannya dengan format GIF. Caranya, pilih File (panah no.1), pilih Save for Web... (panah no.2) maka akan muncul tab save for web, pilih Save... (panah no.3), lalu pilih dimana slideshow tersebut akan disimpan, pilih Save.
    Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop

Selesai kemudian lihat hasilnya... Lihat hasil dari tutorial ini gambar paling atas. Bagaimana mudahkan? Anda juga bisa menambahkan lebih banyak lagi foto tidak hanya dengan 3 foto saja, selebihnya silahkan dikreasikan sendiri sesuai selera anda. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi semua orang.

Sebelum anda meninggalkan artikel tentang Cara Membuat Animasi SlideShow Foto Menggunakan Photoshop ini, mohon berikan masukan apa kekurangan dan kelebihan artikel ini agar saya dapat memberikan artikel yang lebih baik lagi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum anda pahami mengenai artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Jangan lupa SHARE artikel ini ke teman-teman anda, Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.