Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Not Responding

9/14/2016
Pernahkah anda mengalami masalah ketika menggunakan komputer atau laptop saat menjalankan aplikasi tiba-tiba aplikasi tersebut "hang" atau tidak bisa dioperasikan alias macet dan muncul dialog Not Responding? Bagaimana rasanya? Tentu sangat jengkel, mau tidak mau aplikasi yang sedang berjalan tersebut harus kita tutup (close program) apalagi jika anda sedang mengetik dokumen menggunakan microsof office, bisa jadi dokumen yang anda ketik cape-cape tersebut hilang entah kemana.

Masalah ini biasanya terjadi pada program yang ketika dijalankan membutuhkan ruang kapasitas memory atau RAM yang cukup besar seperti Photoshop dan program lainnya. Tetapi ada juga program yang membutuhkan ruang kapasitas memory dan RAM yang kecil tetapi masih muncul masalah not responding seperti ketika anda membuka Mozila Firefox tiba-tiba muncul masalah ini.

....Mengapa demikian?

Hal ini bisa jadi karena anda terlalu banyak membuka tab baru pada browser kebiasaan ini lah yang dapat menyebabkan penggunaan memory menjadi besar dan bisa menyebabkan hang pada browser anda, jika anda membuka halaman di tab baru saran saya jangan lebih dari 5 tab agar pemakaian memory tidak terlalu besar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Not Responding

"Ah tapi masih tetep saja muncul masalahnya" silahkan simak penjelasan lengkap nya dibawah ini pasti tidak akan muncul lagi hal yang anda jengkelkan ini.


#1 Uninstal Aplikasi yang Tidak Penting

Ada berapa aplikasi yang anda instal di komputer atau laptop anda? Apakah semua itu dipakai? Pasti ada saja aplikasi yang tidak pernah dipakai tetapi masih bersarang dikomputer anda, misalnya browser yang di instal di komputer ada 2 yaitu mozila firefox dan google chrome lebih baik hapus salah satunya untuk mengurangi beban kapasitas hardisk komputer anda dari pada tidak dipakai tidak berguna mending dihapus.

Semakin banyak aplikasi yang terpasang pada komputer anda maka semakin banyak memakan kapasitas hardisk, meskipun anda tidak pernah menjalankan aplikasi tersebut tetapi data tiap-tiap aplikasi disimpan pada hardisk jika hardisk anda terlalu banyak menyimpan data maka respon komputer anda akan menjadi lambat.


#2 Singkirkan Gadget yang Menghiasi Tampilan Window

Gadget memang bisa mempercantik penampilan window, tahukah anda jika gadget yang berlebihan itu bisa mengakibatkan pemakaian RAM yang besar. Sebagai contoh anda memasang gadget slide show gambar pemandangan pada komputer anda atau gadget yang lainnya, ya memang tampilan komputer anda bisa terlihat lebih cantik, tetapi percuma jika kinerja komputer anda terganggu dengan hal itu.

Lebih baik singkirkan gadget-gadget yang tidak memberikan manfaat, mending terlihat jelek tampilan window dari pada menghambat kinerja komputer anda yang akhirnya menyebabkan pekerjaan anda menjadi terganggu dan satu lagi jangan terlalu banyak menampilkan Shortcut aplikasi pada tampilan window karena ini juga bisa mempengaruhi kinerja komputer anda, tampilkan saja shoortcut aplikasi yang sering anda gunakan.


#3 Rutin Up Date dan Scan Antivirus

Ada banyak sekali macam-macam virus yang dapat menyerang sebuah komputer, salah satunya adalah virus yang bisa memakan kapasitas hardisk menjadi penuh, seperti apa? Misalnya anda menginstal sebuah aplikasi setelah selesai proses pemasangan tiba-tiba hardisk anda menjadi penuh padahal aplikasi tersebut ukurannya kecil. Nah karena hardisk menjadi penuh otomatis kinerja RAM menjadi lambat alias lemot.

Biasakan Up Date antivirus minimal seminggu sekali supaya database virus selalu terupdate, jika sudah di up date selanjutnya scan komputer anda agar virus-virus yang sedang bersarang dikomputer anda bisa dibasmi oleh antivirus yang sudah anda perbaharui atau di update database nya tadi.


#4 Jangan Menginstal Aplikasi yang Tidak Sesuai dengan Spesifikasi Komputer

Setiap aplikasi tentunya membutuhkan kapasitas RAM, hardisk, dan jenis sistem operasi yang berbeda-beda. Misalnya sebuah aplikasi support di Window 7 32bit, processor 2.4GHz, memory 4GB RAM, ruang penyimpanan kosong 3GB, nah jika spesifikasi komputer anda tidak sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan di instal sebaiknya jangan dilakukan penginstalan karena hal ini juga bisa menghambat kinerja komputer anda.


#5 Jangan Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan

Ketika menggunakan komputer jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan memang cara ini akan mempercepat pekerjaan yang anda kerjakan tetapi hal ini juga bisa membuat pekerjaan anda menjadi tidak berarti lagi ketika muncul "Not Responding", karena bisa jadi pekerjaan yang telah anda buat akan hilang tidak tersimpan.


Jadi, pahami dan ikuti kebiasaan-kebiasaan diatas agar komputer anda tidak lagi kenal dengan Not Responding. Demikian artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Sebelum anda meninggalkan artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Not Responding ini, mohon berikan masukan apa kekurangan dan kelebihan artikel ini agar saya dapat memberikan artikel yang lebih baik lagi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum anda pahami mengenai artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Jangan lupa SHARE artikel ini ke teman-teman anda, Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.