Cara Praktis Setting Laptop Shutdown Otomatis ketika Layar di Tutup

9/10/2016
Pernah kah anda merasakan ketika bersantai menggunakan laptop tiba-tiba ada tugas penting yang harus dilaksanakan pada saat itu juga? Pasti yang anda lakukan tentunya mematikan atau shutdown terlebih dahulu perangkat laptop atau notebook anda, pada saat shutdown anda harus menunggu sampai laptop benar-benar mati lalu anda menutup layarnya, proses shutdown pasti memakan waktu yang cukup lama jika kita sedang terburu-buru, padahal keperluan tersebut harus segera dilaksanakan.

Nah tepat pada artikel ini saya akan membagikan cara setting laptop supaya shutdown otomatis ketika layar ditutup, anda tidak perlu melakukan proses shutdown yang dapat memakan waktu. Hanya dengan menutup layar (Lid, Flip) laptop maka secara otomatis perangkat tersebut akan melakukan shutdown dengan sendirinya.

Cara Praktis Setting Laptop Shutdown Otomatis ketika Layar di Tutup

Apakah cara ini memerlukan software tambahan? Tidak, fitur ini sudah tersedia bawaan di window. Bagaimana caranya? Yukk.. langsung saja simak caranya dibawah ini.

Cara Setting Laptop agar Shutdown Otomatis ketika Layar di Tutup

  • Langkah pertama, Silahkan pilih ikon window atau Star letaknya dibagian pojok kiri bawah (panah no.1), kemudian pilih Control Panel (panah no.2).
    Cara Praktis Setting Laptop Shutdown Otomatis ketika Layar di Tutup
  • Langkah ke dua, setelah langkah ke satu dilakukan maka akan muncul tab control panel, silahkan atur View by: menjadi Category (panah no.1), pilih Hardware and Sound (panah no.2), lalu pilih Power Option.
    Cara Praktis Setting Laptop Shutdown Otomatis ketika Layar di Tutup
  • Langkah ke tiga, pilih Choose what closing the lid does (panah no.1).
    Cara Praktis Setting Laptop Shutdown Otomatis ketika Layar di Tutup
  • Langkah ke empat, nahhh disini kita akan mulai mengaturnya, caranya pada bagian On battery dan When I close the lid: pilih Shut down (panah no.1) ini artinya jika laptop dalam keadaan tidak di charger ketika di tutup layarnya maka laptop akan Shut down atau mati secara otomatis. Lalu pada bagian Plugged in dan When I close the lid: pilih Shut down (panah no.2) ini artinya meskipun laptop sedang dalam keadaan di charder ketika di tutup layarnya maka laptop akan Shut down atau mati secara otomatis. lalu pilih Save changes (panah no.3) untuk menyimpan pengaturan tadi.
    Cara Praktis Setting Laptop Shutdown Otomatis ketika Layar di Tutup
  • Langkah ke lima silahkan di tes, biasakan menutup dahulu program yang sedang berjalan sebelum shut down dilakukan. Untuk memastikannya silahkan tutup layar laptop anda, dan lihat hasilnya.

Bagaimana, mudah bukan?

Sebetulnya tidak hanya hanya akan mati atau sendiri ketika layar laptop ditutup anda juga mengaturnya menjadi, sleep (tidur), hibernate, Do nothing (tidak mati ketika layar ditutup), itu bisa anda atur pada langkah ke empat diatas silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda, demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat bagi semua orang.

Sebelum anda meninggalkan artikel tentang Cara Praktis Setting Laptop Shutdown Otomatis ketika Layar di Tutup ini, mohon berikan masukan apa kekurangan dan kelebihan artikel ini agar saya dapat memberikan artikel yang lebih baik lagi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum anda pahami mengenai artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Jangan lupa SHARE artikel ini ke teman-teman anda, Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.