2 Cara Praktis mengambil Screenshot di Laptop Tanpa Software

9/09/2016
Screenshot atau screen capture yaitu  pengambilan gambar tangkapan layar dari layar laptop atau komputer, cara ini sering saya gunakan untuk membuat artikel mengenai tutorial photoshop silahkan dilihat di kategori photoshop seperti itulah hasilnya, disitu saya hanya menggunakan aplikasi bawaan yang telah disediakan oleh bawaan window yang saya gunakan yaitu window 7 dan laptop saya menggunakan acer, apapun merk laptopnya sebetulnya sama saja yang membedakan adalah sistem operasi atau window.

Sebetulnya ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar pada laptop atau komputer tetapi dengan 2 cara ini menurut saya sudah cukup untuk hanya sekedar mengambil gambar, kecuali anda mengambil tangkapan layar untuk keperluan membuat artikel tentang tutorial, jika untuk keperluan sebagai pembantu petunjuk pada artikel atau tutorial biasanya saya edit lagi menggunakan photoshop agar lebih mudah dipahami dan jelas tujuannya.

Bagi sebagian orang yang sudah berkenalan lama dengan komputer mungkin cara ini sudah tidak asing lagi bagi mereka, tetapi hal itu tidak berlaku bagi orang yang baru berkenalan dengan komputer, oleh karena itu saya membuat artikel ini untuk membantu anda yang masih awam mengenai komputer, dengan 2 cara praktis ini menurut saya sudah cukup jika anda hanya untuk menangkap layar saja cara ini pun tidak perlu menggunakan software tambahan.

2 Cara Praktis mengambil Screenshot di Laptop Tanpa Software

Sebelum anda mengikuti cara dibawah ini silahkan nyalakan laptop atau komputer yang anda miliki, dan pastikan tombol Prtsc pada laptop anda berjalan dengan baik, jika tombol tersebut tidak berjalan jangan khawatir anda bisa mengikuti cara ke 2 dengan menggunakan snipping tool. Yukk,, langsung saja simak caranya dibawah ini.

#1 Cara Screenshot dengan Tombol PrtSc

Apakah Anda tahu apa itu PrtSc? PrtSc merupakan singkatan dari Print Screen, yaitu tombol pada keyboard yang dapat anda gunakan untuk menangkap layar laptop atau komputer anda. Letak tombol tersebut yaitu berada di pojok kanan atas jika di laptop acer yaitu diantara tombol Pause Break dan F12. Jika sudah tahu letaknya silahkan ikuti cara pengambilan tangkapan layarnya dibawah ini sambil anda coba dirumah.
  • Langkah pertama silahkan anda buka dan diam di bagian yang ingin kamu ambil gambarnya, sebagai contoh disini saya akan mengambil tangkapan layar twitter saya (lihat gambar dibawah), lalu tekan tombol PrtSc pada keyboard. kok tidak ada reaksi apa-apa? Memang seperti itu tetapi jika anda sudah menekan tombol Prtsc itu artinya tangkapan layar sudah tercopy dan tinggal anda paste ke Paint.
    2 Cara Praktis mengambil Screenshot di Laptop Tanpa Software
  • Langkah ke dua silahkan buka aplikasi Paint biasanya ini sudah tersedia di bawaan window 7, caranya klik Start atau ikon window yang letaknya di bagian pojok kiri bawah (panah no.1), pilih All Programs (panah no.2), pilih Accessories (panah no.4), lalu pilih Paint (panah no.3).
    2 Cara Praktis mengambil Screenshot di Laptop Tanpa Software
  • Langkah ke tiga. Setelah langkah ke dua anda lakukan maka akan terbuka aplikasi Paint, nah sekarang kita akan mempastenya disini, caranya tekan Ctrl + V dan lihat hasilnya pada gambar dibawah ini. Selanjutnya silahkan simpan dengan cara pilih menu Paint (panah no.1), pilih Save as (panah no.2), lalu cari lokasi tangkapan layar akan disimpan dimana, jika sudah pilih Save (panah no.3).
    2 Cara Praktis mengambil Screenshot di Laptop Tanpa Software
  • Langkah ke empat lihat hasilnya.

#2 Cara Screenshot dengan Snipping Tool

Jika anda menggunakan cara diatas maka tangkapan layar akan secara otomatis tertangkap seluruh bagian layar, tetapi cara ini berbeda dengan cara diatas dengan menggunakan Snipping Tool anda bisa menangkap layar hanya bagian tertentu saja (tidak tertangkap seluruh layar) tool ini juga sudah tersedia secara otomatis bawaan window. Bagaimana cara menggunakannya? silahkan simak dibawah ini.
  • Langkah pertama sama dengan cara diatas yaitu silahkan anda diam dibagian mana tangkapan layar akan diambil, sebagai contoh disini saya akan mengambil tangkapan layar di twitter saya, silahkan pilih Start (panah no.1), pilih All Programs (panah no.2), pilih Accessories (panah no.4), lalu pilih Snipping Tool (panah no.3).
    2 Cara Praktis mengambil Screenshot di Laptop Tanpa Software
  • Langkah ke dua, kita akan mulai menyeleksi bagian yang ingin kita tangkap sebagai contoh disini saya akan screenshot bagian tweet saja, caranya silahkan klik kiri dan tahan pada bagian kiri atas tweet (panah no.1) kemudian tarik ke bagian bawah kanan (panah no.2) lalu lepaskan klik kiri.
    2 Cara Praktis mengambil Screenshot di Laptop Tanpa Software
  • Langkah ke tiga silahkan anda save atau simpan caranya seperti cara diatas langkah ke tiga. Kemudian lihat hasilnya.


Nahhhh jadi, jika anda ingin mengambil tangkapan layar secara penuh gunakan cara pertama yaitu menggunakan tombol PrtSc, tetapi jika anda ingin mengambil tangkapan layar hanya bagian-bagian tertentu saja silahkan gunakan cara ke dua dengan menggunakan Snipping Tool.

Bagaimana mudahkan?

Sebelum anda meninggalkan artikel tentang 2 Cara Praktis mengambil Screenshot di Laptop Tanpa Software ini, mohon berikan masukan apa kekurangan dan kelebihan artikel ini agar saya dapat memberikan artikel yang lebih baik lagi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum anda pahami mengenai artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Jangan lupa SHARE artikel ini ke teman-teman anda, Terimakasih.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Goris Kune
AUTHOR
8/02/2017 delete

mksh atas tutorialnya

Reply
avatar
Kang Rezot
AUTHOR
8/02/2017 delete

sama-sama :)

Reply
avatar

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.