2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

9/05/2016
Halo gan, kembali lagi disini saya akan membagikan tutorial tentang cara menghilangkan background pada foto menggunakan software photoshop, dengan cara ini foto apapun bisa anda hapus atau hilangkan background nya tanpa menghapus objek yang anda ingin seperti orang atau benda lainnya jadi yang dihapus hanya background nya saja.

Cara ini merupakan teknik dasar yang sering digunakan untuk memanipulasi sebuah foto, contohnya anda memiliki foto pemandangan di Paris nah untuk menempelkan foto anda agar seperti nyata anda di Paris tentunya anda harus memiliki foto anda sendiri yang tanpa background atau transparan agar terlihat lebih nyata seperti anda secara nyata sudah berkunjung ke Paris, biasanya foto tersebut di simpan dengan ekstensi PNG.

Sebelumnya saya juga pernah membahas artikel tentang cara mengganti warna background pada sebuah foto tetapi cara tersebut hanya memberikan warna background saja tidak menghilangkannya. Sebenarnya banyak cara untuk menghapus sebuah background foto tetapi kali ini saya akan membagikan 2 cara saja yang menurut saya sangatlah mudah, praktis, dan cepat tanpa memerlukan banyak waktu.

Bagaimana caranya? Sebelum anda mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan dibawah silahkan persiapkan foto anda sendiri atau foto model untuk digunakan latihan trik ini. Untuk anda yang masih pemula tentang photoshop jangan khawatir karena disini saya akan menjelaskannya secara lengkap dengan gambar petunjuk.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

Seperti yang telah saya sebutkan diatas saya akan memberikan 2 cara untuk menghilangkan background yaitu dengan Magic Wand Tool dan Pen Tool. Sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah silahkan buka foto anda yang ingin dihilangkan backgroundnya menggunakan software photoshop. Langsung saja silahkan simak dan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini dirumah sambil di praktekkan.

1. Cara Menghilangkan Background Foto dengan Magic Wand Tool

1. Langkah pertama kita akan menyeleksi bagian yang dihilangkan yaitu background, pada menu tool box silahkan pilih Magic Wand Tool.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

2. Langkah ke dua silahkan klik di bagian background maka background akan terseleksi secara otomatis, jika masih ada bagian background yang tidak terseleksi silahkan tekan Shift pada keyboard lalu klik pada bagian yang belum terseleksi silahkan ulangi sampai terseleksi semua.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

2. Langkah ke tiga klik 2 kali pada layer background maka akan muncul tab new layer, lalu pilih saja OK.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

3. Nah langkah ke empat ini baru kita akan menghapus background yang telah di seleksi tadi, caranya cukup tekan Del atau Backspace pada keyboard, maka background pun akan hilang atau terhapus seperti gambar dibawah ini.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

5. Langkah ke lima atau terakhir kita akan menghilangkan garis seleksi, caranya silahkan tekan Ctrl + D pada keyboard, maka garis seleksi background tadi akan hilang. Silahkan save foto dengan format .PNG.

2. Cara Menghilangkan Background Foto dengan Pen Tool

1. Langkah pertama kita akan memilih pen tool pada menu tool box, caranya silahkan langsung saja pilih Pen Tool kemudian seleksi bagian yang tidak ingin anda hilangkan disini saya memilih orang untuk tidak dihilangkan silahkan seleksi menggunakan pen tool seperti gambar dibawah.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

2. Langkah ke dua, Klik Kanan pada bagian yang telah di seleksi tadi, pilih Make Selection... maka akan muncul tab make selection, silahkan atur Rendering seperti gambar dibawah jika sudah pilih OK.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

3. Langkah ke tiga, pilih menu Select (panah no.1), lalu pilih Inverse (panah no.2) maka seluruh background pada foto akan terseleksi secara otomatis.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

4. Langkah ke empat silahkan Klik 2 kali pada layer bacground kemudian tekan Del atau Backspace pada keyboard untuk menghapus background yang telah di seleksi tadi, maka background pun akan terhapus kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

2 Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop

5. Langkah ke lima atau terakhir silahkan tekan Ctrl + D pada keyboard untuk menghilangkan garis seleksi, kemudian simpan dengan ekstensi .PNG.

Bagaimana mudah bukan?

Dari ke dua cara diatas anda bisa memilih sesuai dengan foto yang akan anda hilangkan background nya, untuk cara pertama biasanya digunakan pada foto yang memiliki warna background rata, dan untuk langkah ke dua biasanya digunakan untuk menghilangkan background yang memiliki berbagai macam warna atau tidak rata, nah maka dari itu silahkan pilih cara diatas sesuai dengan foto yang ingin anda hapus backgroundnya.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.