Cara Praktis Membuat Watermark di Microsoft Word

9/10/2016
Halo sob kembali lagi dengan pembahasan mengenai tutorial microsoft word, pada tutorial ini saya akan membagikan cara yang praktis untuk membuat Watermark di dokumen microsoft word, apa itu Watermark? Kata Watermark berasal dari bahasa inggris yaitu water adalah air dan mark adalah tanda, jadi jika kita artikan dari kata tersebut yaitu tanda air. Penjelasan lengkapnya watermark yaitu tanda atau identitas yang digunakan oleh pembuat suatu karya misalnya foto, video, dokumen bahwa karya tersebut berhak cipta.

Kenapa kok dinamakan Watermark (tanda air)? Mungkin karena air memiliki sifat bening atau samar-samar sehingga tanda tersebut tidak menghalangi tulisan dokumen (jika di microsoft word). Ada banyak macam watermark tetapi yang sering digunakan yaitu watermark tulisan, gambar, logo, dan lain sebagainya. Saya juga sering menggunakan cara ini untuk menandai gambar buatan saya, lihat saja gambar-gambar yang ada di blog ini pasti ada watermarknya.

Jadi intinya watermark itu tanda pembuat atau kreator. Nah tepat pada artikel ini saya akan mengupas tuntas mengenai watermark yang akan kita gunakan pada dokumen microsoft mulai dari cara membuat watermark dari teks, gambar, membuat watermark pada halaman tertentu saja, mengedit, sampai menghapus watermark, tanda ini akan muncul dibagian tengah dokumen microsoft word dan tidak terlalu jelas atau samar-samar, karena jika terlalu jelas akan menghalangi tulisan.

Cara Praktis Membuat Watermark di Microsoft Word

Sebelum mengikuti cara ini silahkan persiapkan dahulu dokumen yang telah anda buat atau anda membuat dokumen baru sebagai latihan membuat watermark. Pada tutorial ini saya menggunakan microsoft office word 2007, tetapi jika anda menggunakan versi microsoft office yang berbeda jangan khawatir karena caranya pun tidak jauh beda dengan microsoft 2007 ini. Yukk... langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini.

#1 Cara membuat Watermark dari Teks (tulisan)

  • Langkah pertama, pilih menu Page Layout (panah no.1), pilih Watermark (panah no.2), pilih Costum Watermark... (panah no.3), karena disini kita akan membuat watermark dari teks silahkan centang Text Watermark (panah no.4).

    Silahkan atur Language menjadi English (United States), Text: teks apa yang ingin anda jadikan watermark?, Font: yaitu jenis huruf, Size: ukuran huruf, Color: warna huruf, Layout: pilih Diagonal jika anda ingin letak watermark sudut-menyudut pilih Horizontal jika anda ingin watermark mendatar, silahkan atur sesuai dengan selera anda.

    Jika sudah pilih Apply (panah no.5), lalu pilih Close (panah no.6).
    Cara Praktis Membuat Watermark di Microsoft Word
  • Langkah ke dua silahkan lihat hasilnya, dengan cara ini semua halaman dokumen anda secara otomatis akan terisi watermark.
    Cara Praktis Membuat Watermark di Microsoft Word
  • Langkah terakhir silahkan simpan.

#2 Cara membuat Watermark dari Gambar (logo)

  • Langkah pertama, pilih menu Page Layout (panah no.1), pilih Watermark (panah no.2), pilih Costum Watermark.. (panah no.3), karena disini kita akan menggunakan gambar atau logo maka pilih Picture Watermark (panah no.4), pilih Select Picture (panah no.5) silahkan pilih dan cari lokasi foto yang ingin anda jadikan sebagai watermark lalu pilih Insert, kemudian pilih Apply (panah no.6), lalu pilih Close (panah no.7).
    Cara Praktis Membuat Watermark di Microsoft Word
  • Langkah ke dua lihat hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah, gambar watermark pun akan secara otomatis ada di setiap halaman dokumen anda.
    Cara Praktis Membuat Watermark di Microsoft Word
  • Langkah terakhir silahkan simpan.

Bagaimana mudah kan?

Silahkan sesuaikan dengan selera anda apakah ingin menggunakan watermark dari teks atau dari gambar, demikian artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Sebelum anda meninggalkan artikel tentang Cara Praktis Membuat Watermark di Microsoft Word ini, mohon berikan masukan apa kekurangan dan kelebihan artikel ini agar saya dapat memberikan artikel yang lebih baik lagi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum anda pahami mengenai artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Jangan lupa SHARE artikel ini ke teman-teman anda, Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.