Find and Replace: Mengganti Kata dengan Cepat di Microsoft Word

8/14/2016
Pada artikel kali ini saya akan membagikan hal yang tidak terlalu penting namun hal yang tidak penting ini menjadi sangat penting ketika dibutuhkan, mengapa demikian ? kali ini saya akan memberikan solusi tentang cara yang cepat mengganti kata-kata tertentu menggunakan Find and Replace pada dokumen microsoft word.

Contohnya kasus seperti ini, ketika saya membuat dokumen yang sudah hampir beres dan siap untuk dicetak tetapi ada kata-kata yang kurang pas yaitu kata "Saya" akan saya ganti dengan "Aku". Apakah mungkin saya harus mengganti satu-persatu kata "Saya" menjadi "Aku" karena kata tersebut lebih dari 200 kata padahal waktu nya sangat mepet dan harus dicetak 5 menit kemudian.

Nah dari contoh kasus diatas anda tidak perlu panik karena cara ini bisa anda gunakan dengan cepat tidak lebih dari 1 menit, bagaimana caranya? anda hanya dengan memanfaatkan fitu Find and Replace pada microsoft word anda sudah bisa mengganti kata dengan cepat tanpa mencari satu-persatu kata yang ingin anda ganti.

Find and Replace: Mengganti Kata dengan Cepat di Microsoft Word

Bagaimana apakah anda sudah paham dari fungsi Find and Replace yang akan kita gunakan ini? Jika sudah silahkan simak dengan baik langkah-langkahnya dibawah ini jangan sampai ada yang terlewatkan,


Cara Mengganti Kata dengan Cepat di Microsoft Word

  • Silahkan buka dokumen yang akan anda ganti katanya menggunakan aplikasi microsoft word, sebagai contoh disini saya akan mengganti kata "Saya" menjadi "Aku", silahkan disesuai kan dengan keinginan kata apa yang akan anda ganti?.
  • Setelah dokumen dibuka silahkan pilih menu Home (panah no,1) pada form editing sebelah kanan atas lembar kerja lalu pilig Replace (panah no.2) anda juga bisa menekan Ctrl + H pada keyboard jika ingin lebih cepat.

    Setelah langkah tersebut anda lakukan maka akan muncul form Find and Replace pilih Replace (panah no.3) kemudian masukkan kata yang ingin anda ganti Find what: disini saya ingin mengganti kata "saya" (panah no.4) lalu pada kolom Replace with: masukkan kata yang penggantinya disini saya menggunakan kata "kamu" (panah no.5), lalu pilih Replace all (panah no.6).
    Find and Replace: Mengganti Kata dengan Cepat di Microsoft Word
  • Jika muncul form seperti gambar dibawah ini pilih OK.
    Find and Replace: Mengganti Kata dengan Cepat di Microsoft Word
  • Terakhir, silahkan lihat hasilnya.

Bagaimana mudahkan?

Kata-kata yang ingin anda rubah pun berubah dengan cepat secara otomatis tanpa mencari satu-persatu yang tentunya jika anda mencari satu-persatu membutuhkan waktu yang lama, dengan cara ini anda hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit, demikian artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Sebelum anda meninggalkan artikel tentang Cara Mengganti Kata dengan Cepat di Microsoft Word ini, silahkan berikan masukan apa kekurangan dan kelebihan artikel ini agar saya dapat memberikan artikel yang lebih baik lagi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum anda pahami mengenai artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Jangan lupa SHARE artikel ini ke teman-teman anda, Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.