4 Cara Menghilangkan Objek pada Foto dengan Photoshop

8/30/2016
Pada artikel kali ini saya masih membahas tentang photoshop yaitu mengenai cara menghilangkan objek pada foto dengan rapi dan lebih nyata tentunya kita menggunakan software photoshop sebagai alat tempur untuk menghilangkan objek tersebut, untuk menghilangkan objek saya akan menggunakan beberapa trik yang bisa anda gunakan salah satunya.

Mengapa kok dihilangkan? sebagai contoh pada saat kita mengambil gambar pemandangan yang indah dan langka tetapi ada objek yang mengganggu keindahan pemandangan tersebut seperti orang yang lewat yang tidak sengaja terfoto hal itu akan membuat foto pemandangan anda menjadi tidak indah dan kurang menarik. Jadi untuk membuat pemandangan anda benar-benar indah anda harus menghilangkan objek-objek yang tidak penting tersebut.

Sesuai dengan judul artikel disini kita akan belajar menghilangkan objek dengan menggunakan photoshop, dengan software ini anda bisa menghilangkan objek yang mengganggu foto anda tanpa meninggalkan bekas sedikit pun, ya software ini memang sangat canggih dan fitur yang terdapat pada software ini pun sangat lengkap.

Nah bagi sebagian orang yang sudah tidak asing lagi dengan software ini mungkin ini akan menjadi hal yang mudah, tetapi jika anda yang masih awam dengan ini mungkin akan merasa sulit, tetapi jangan khawatir karena disini saya akan jelaskan secara lengkap sampai ke akar-akarnya dan dilengkapi oleh petunjuk gambar agar anda dapat lebih mudah memahaminya.

Langsung saja simak caranya dibawah ini dengan teliti dan jangan ada sampai langkah-langkah yang terlewatkan agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

1. Menghilangkan Objek menggunakan Lasso Tool

Cara pertama yaitu dengan menggunakan fitur Lasso Tool, silahkan buka foto anda yang ingin anda hilangkan objeknya menggunakan software photoshop, kemudian ikuti langkah dibawah sampai selesai.

1. Langkah pertama kita akan menyeleksi objek mana yang akan dihilangkan, caranya pilih menu Lasso Tool kemudian seleksi objek yang ingin anda hilangkan caranya tekan klik kiri lalu ikuti pola objeknya jika sudah lepaskan klik kiri maka akan muncul garis putus-putus, sebagai contoh lihat gambar dibawah.



2. Langkah ke dua kita akan menghilangkan objek yang telah di seleksi tadi, caranya pilih menu Edit pilih Fill... atau jika anda ingin lebih cepat tekan Shift + F5 pada keyboard, jika sudah dilakukan maka akan muncul tab Fill lalu atur parameter Contents dan Blending seperti gambar dibawah jika sudah pilih OK.



3. Langkah ke tiga, pada langkah ini sebetulnya objek sudah menghilang tetapi masih ada garis-garis seleksi tadi yang masih menempel, bagaimana cara menghilangkannya? silahkan tekan Ctrl + D pada Keyboard maka garis-garis pun akan hilang.

Berikut ini adalah foto sebelum dan sesudah dihilangkan objeknya.


 

2. Menghilangkan Objek dengan Spot Healing Brush Tool

Cara kedua kita akan menggunakan fitur Spot Healing Brush, silahkan buka foto anda yang akan dihilangkan objek nya seperti biasa, lalu ikuti langkah dibawah ini.

1. Langkah pertama silahkan pilih Spot Healing Brush Tool kemudian atur mode dan type seperti gambar dibawah.



2. Langkah ke dua kita mulai menyeleksi objek yang akan kita hilangkan sebagai contoh disini saya akan menghilangkan objek burung, caranya silahkan tekan klik kiri lalu tahan dan oleskan pada objek sampai tertutup semua lalu lepaskan klik kiri.



Maka secara otomatis burung tersebut akan hilang dengan sendirinya, silahkan lihat foto sebelum dan sesudah di hilangkan objeknya dibawah ini.


3. Menghilangkan Objek dengan Clone Stamp Tool

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan fitu Clone Stamp Tool, seperti biasa silahkan buka foto yang ingin anda hilangkan objeknya, lalu ikuti langkah dibawah ini sampai selesai.

1. Langkah pertama silahkan pilih Clone Stamp Tool kemudian atur Mode, Opacity, Flow, dan Sample seperti gambar dibawah.



2. Langkah ke dua kita akan mulai menghilangkan objek, caranya silahkan ambil sampel dulu sambil menekan tombol Alt pada keyboard kemudian klik pada objek yang akan dihilangkan sampai menghilang.



Lihat hasilnya maka objek akan menghilang tanpa bekas sedikit pun, berikut ini foto objek sebelum dan sesudah saya hilangkan menggunakan cara ini.



4. Menghilangkan Objek dengan Patch Tool

Cara yang ke empat atau yang terakhir kita menggunakan Patch Tool, jika anda menggunakan cara ini saya sarankan agar memilih foto yang memiliki background rata agar hasilnya sesuai, silahkan buka foto yang ingin anda hilangkan objeknya lalu ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama sebagai contoh disini saya akan menghilangkan objek sandal yang berwarna orange pada gambar, caranya pilih Patch Tool kemudian seleksi objek yang ingin dihilangkan karena saya ingin menghilangkan sandal maka yang saya seleksi adalah sandal.



2. Langkah ke dua geser sandal yang telah di seleksi tadi ke bagian yang sesuai dengan background, caranya klik kiri tahan lalu geserkan dan sesuaikan, lalu lepaskannya disini saya menggeserkannya ke bagian atas menyesuaikan background.



3. Langkah ke tiga sandalnya sudah hilang tapi garis-garis seleksi masih ada bagaimana cara menghilangkannya silahkan tekan Ctlr + D pada keyboard maka garis tersebut akan hilang. Silahkan lihat hasil sebelum dan sesudahnya dibawah ini yang saya hilangkan objeknya dengan cara ini.



Nah dari ke empat cara diatas silahkan anda pilih sesuai dengan kebutuhan,cara mana yang menurut anda pas jika diterapkan pada foto yang ingin anda hilangkan objeknya? silahkan dipilih. Karena ke empat cara diatas juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Demikian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi semua orang.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.