Cara Mudah Membuat Typography Wajah dengan Photoshop

8/22/2016
Teknik typography wajah bagi seorang desain grafis mungkin sudah tidak asing lagi di telinga mereka teknik ini sudah dikenal cukup lama, bagi orang seperti saya yang awam dan baru belajar menjadi seorang desain grafis teknik ini baru saya ketahui ketika saya sedang menjelajah di dunia maya, pada saat itu saya mencari tahu apa nama teknik tersebut, dan ternyata adalah typography wajah yang biasa dibuat dengan software photoshop.

Apa sih typogrphy wajah itu?

Tpography atau tipografi merupakan seni manipulasi foto dengan membentuk wajah menggunakan baris-baris huruf, sehingga baris-baris huruf itu membentuk wajah yang kita inginkan misalnya wajah kita sendiri. Anda juga bisa eksis di sosial media dengan teknik ini agar tidak terlihat mainstream.

Sebenarnya ada banyak teknik untuk membuat typography wajah ini, tetapi teknik yang akan saya jelaskan pada artikel ini menurut saya adalah teknik yang paling mudah dan hasilnya pun cukup bagus, jika anda tertarik dengan teknik silahkan persiapkan sebuah komputer atau laptop dan software photoshop lalu ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mudah Membuat Typography Wajah dengan Photoshop

Cara Membuat Typography Wajah dengan Photoshop

Sebelum memulai mengikuti langkah dibawah silahkan persiapkan foto yang memiliki kualitas yang bagus dan original tanpa efek agar hasilnya terlihat bagus.

1. Langkah pertama kita akan menghilangkan lock atau ikon gembok pada layer background, caranya klik 2 kali pada layer bacground, maka akan muncul form New Layer silahkan pilih OK.




2. Langkah kedua kita akan membuat teksnya disini saya menggunakan font Rockwell Extra Blod dengan ukuran 24pt, cara membuatnya silahkan pilih menu Horizontal Type Tools kemudian klik kiri dan tahan pada bagian kiri atas foto lalu geser ke bagian bawah kanan foto lalu lepaskan klik kiri. Selanjutnya tulis kata apa yang ingin anda buat kemudian copy paste katanya sampai memenuhi kotak teks yang telah dibuat tadi.



3. Langkah ke tiga kita akan membuat layer baru dengan warna hitam, cara nya pilih ikon Creat a New Layer kemudian pilih Set Foreground Color menjadi warna hitam lalu pilih Paint Bucket Tool dan klik bagian tengah layer maka layer akan berubah menjadi warna hitam.



4. Pastikan Layer berurutan seperti gambar dibawah ini.



5. Disini kita akan menggunakan clipping mask, caranya klik kanan pada layer paling atas/foto kemudian pilih Create Clipping Mask (panah no.2). Maka akan mulai terlihat hasilnya, tetapi masih ada langkah-langkah selanjutnya alias belum selesai.



6. Kemudian kita akan mengatur Levels nya, caranya pilih layer foto pilih menu Image kemudian pilih Adjustments pilih Levels... jika anda ingin lebih cepat tekan Ctrl + L pada keyboard. Maka akan muncul form Levels silahkan atur Input Levels seperti gambar dibawah atau anda bisa juga mengaturnya sesuai selera anda jika sudah pilih OK.



7. Selanjutnya kita akan akan mengutak-atik teksnya sedikit ukuran hurufnya agar terlihat lebih keren, caranya pilih layer teks pilih Horizontal Type Tool kemudian blok teks yang ingin anda besarkan ukuran teksnya anda juga bisa mengganti dengan teks lain kemudian pilih Font Size lalu perbesar ukuran teksnya.




8. Kemudian kita akan membuat layer adjustment gradient map, caranya silahkan pilih ikon adjustment lalu pilih Gradient Map maka akan muncul form gradient map klik di bagian yang berwarna putih untuk mengganti warna kemudian klik ikon segitiga yang ditunjuk panah panah no.4 pilih warna yang sesuai dengan selera andajika sudah pilih OK.



9. Kemudian kita akan menambahkan lagi layer brightnes contrast, caranya pilih ikon adjustment pilih Brightness/Contrast kemudian centang Use Legacy lalu atur Brightness dan Contrast nya seperti gambar dibawah atau sesuai dengan selera anda.



10. Perhatikan layer harus tersusun seperti gambar dibawah ini.



Terakhir lihat hasilnya !!! hasil dari tutorial ini saya simpan pada artikel ini gambar yang paling atas. Bagaimana mudah bukan?

Sekarang anda bisa membuat typography wajah dengan sendiri menggunakan software photoshop, anda juga bisa menggunakan wajah anda sendiri, silahkan dicoba. Demikian artikel ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
8/22/2016 delete

ijin bookmark gan, kebetulan ane emang lagi mau belajar cara membuat typography dengan photoshop

Reply
avatar
Mang Eza
AUTHOR
9/06/2016 delete

siap lanjutkan gan, semoga berhasil |o|

Reply
avatar
San DK
AUTHOR
9/11/2016 delete

wah ane kebetulan lagi mau bikin typography nih gan, thanks tutornya gan

Reply
avatar

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.