Cara Membuat Teks Kertas Origami di Photoshop

8/23/2016
Halo gan pada artikel kali ini kita akan belajar tentang cara membuat teks origami tetapi bukan menggunakan kertas yang kita gunakan adalah software photoshop tetapi akan kita manipulasi seperti kertas, apa itu origami? origami adalah seni lipat-melipat kertas. Biasanya ini sering dilakukan oleh siswa taman kanak-kanak mereka melipat kertas berwarna sampai menyerupai binatang atau benda lainnya, nah itu dinamakan origami.

Untuk membuat teks origami anda harus menyiapkan teks khusus yaitu teks origami silahkan cari di google, ada banyak model yang berbeda-beda lalu unduh yang menurut anda bagus karena selera orang berbeda-beda, yang menurut saya bagus belum tentu menurut anda bagus. Jika sudah di unduh silahkan pasang atau instal teks tersebut di photoshop anda.

Bagaimana cara membuatnya? jangan khawatir, cara ini sangatlah mudah sekalipun di praktekkan oleh orang awam yang belum mengenal betul tentang seni digital art menggunakan photoshop. Setelah anda memahami artikel ini saya yakin anda pasti bisa membuatnya sendiri di rumah karena disini saya akan menjelaskannya secara jelas dan dilengkapi dengan gambar.

Cara Membuat Teks Kertas Origami di Photoshop

Jika anda sudah bisa membuat teks origami ini tentunya anda bisa berkreasi sendiri sesuai keinginan anda juga bisa membuat nama anda sendiri atau nama pacar dengan menggunakan trik ini, yu tidak usah panjang lebar langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini dengan teliti dan jeli, jangan sampai ada yang terlewatkan.

Cara Membuat Teks Kertas Origami di Photoshop

1. Langkah pertama silahkan buat lembar kerja baru, caranya pilih menu File pilih New... jika ingin lebih cepat silahkan tekan Ctrl + N pada keyboard, setelah anda ikuti langkah tadi maka akan muncul kotak dialog New silahkan atur sesuai keinginan anda atau anda juga bisa mengaturnya seperti gambar dibawah yang saya beri kotak warna merah, jika sudah silahkan pilih OK.



2. Selanjutnya kita akan mulai menulis teks sesuai dengan yang anda inginkan disini saya menulis teks pmb, caranya pilih Horizontal Type Tool pilih teks Origami silahkan download di google lalu atur ukuran teks nya kemudian pilih warna teks nya sesuai dengan selera anda dan tulis teks nya.



3. Pada langkah ini kita akan merasterize menggunakan rasterize type, caranya klik kanan pada layer teks kemudian pilih Rasterize Type.



4. Pada langkah ini kita akan menggunakan Rectangular Marque Tool agar warna lipatan terlihat rapi, caranya pilih Rectangular Marque Tool kemudian buat lah seleksi untuk lipatan seperti gambar dibawah.



5. Selanjutnya kita akan mewarnainya agar terlihat nyata seperti lipatan, caranya pilih Burn Tool lalu atur size dan hardness nya seperti gambar dibawah atau anda bisa menyesuaikannya sendiri sesuai selera kemudian oleskan ke kotak seleksi yang telah dibuat pada langkah ke empat tadi.



6. Kemudian ulangi dari langkah ke-4 dan ke-5 untuk membuat efek lipatan pada bagian teks lainnya yang ditunjuk panah pada gambar dibawah ini.



7. Jika langkah diatas sudah selesai, sekarang kita akan membuat teks tersebut agar terlihat lebih nyata lagi, caranya pilih Layer teks, kemudian pilih Add a Layer Style pilih Drop Shadow... maka akan muncul dialog layer style, lalu atur Drop Shadow seperti pada gambar dibawah atau anda juga bisa mengatur sendiri sesuai selera jika sudah pilih OK.



Sampai disini anda sudah berhasil membuat teks origami, silahkan lihat hasilnya. Hasil dari tutorial ini saya simpan di bagian artikel ini gambar paling atas. Bagaimana mudah bukan?

Sekarang anda bisa dengan sudah bisa membuat teks kertas origami sendiri di rumah hanya dengan menggunakan sofware photoshop ini, jika dirasa belum sempurna silahkan kreasikan sendiri seperti menambahkan background atau yang lainnya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.