Cara Praktis Membuat Grafik di Microsoft Word

8/18/2016
Grafik atau diagram yaitu data yang disajikan dalam bentuk gambar, simbol, dan angka untuk mempermudah pembaca membaca sebuah data, mengapa grafik lebih sering digunakan untuk menjelaskan data? karena dengan grafik data akan tersusun sesuai dengan kategori yang diinginkan jika data dijelaskan dengan kata-kata maka akan lebih sulit untuk dipahami.

Sebagai contoh grafik pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun, atau grafik penjualan barang dagang pada perusahaan di situ akan terlihat jumlah penjualan dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan atau bahkan dari tahun ke tahun tergantung keinginan anda apakah grafik tersebut akan di tentukan perhari atau pertahun.

Siapa yang tidak kenal dengan software pengolah kata yang sangat terkenal ini yaitu microsoft word, sofware ini bisa mempermudah pekerjaan kantor anda salah satunya adalah membuat grafik, ada berbagai macam bentuk grafik yang terdapat pada microsoft word diantaranya adalah grafik batang atau dan garis, meskipun model nya berbeda tetapi cara membuatnya sama saja.

Cara Praktis Membuat Grafik di Microsoft Word

Pada artikel ini saya akan menggunakan jenis grafik atau diagram batang karena karena diagram batang paling banyak digunakan dibandingkan dengan jenis atau model grafik lainnya. Mungkin bagi sebagian orang membuat grafik dengan menggunakan microsoft word ini sangatlah sulit, tetapi jangan khawatir karena pada artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap dengan gambar.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word

Sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini silahkan buka dokumen anda atau buka lembar kerja baru di microsoft word, jika sudah silahkan ikuti langkah dibawah ini.
  • Langkah pertama silahkan pilih menu Insert (panah no.1) pilih Chart (panah no.2) pilih Column jika anda ingin menggunakan grafik batang (panah no.4) jika anda ingin menggunakan model grafik lainnya silahkan pilih sesuai keinginan, lalu pilih model grafik batang yang ingin anda gunakan (panah no.4), jika sudah pilih OK (panah no.5).
    Cara Praktis Membuat Grafik di Microsoft Word
  • Setelah anda ikuti langkah pertama maka akan muncul lembar kerja microsoft excel silahkan tulis data anda di lembar kerja microsoft excel secara otomatis data tersebut akan masuk ke grafik yang berada di microsoft word, sebagai contoh lihat gambar dibawah ini, pada gambar dibawa saya membuat grafik pengguna internet dari bulan ke bulan di sebuah desa.Cara Praktis Membuat Grafik di Microsoft Word
  • Jika anda sudah memasukkan data ke microsoft excel silahkan tutup atau Close, sampai disini anda sudah berhasil membuat grafik.

Bagaimana mudah bukan?

Anda juga bisa mendesain grafik sesuka hati salah satunya adalah mengubah warna grafik tersebut, karena disini saya hanya membagikan tentang cara membuat grafik saja tidak dengan cara mendesain nya silahkan dicari sendiri di mbah google ...wkwkwk, atau jika ada waktu luang saya akan buatkan artikelnya. Demikian artikel kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Sebelum anda meninggalkan artikel tentang Cara Praktis Membuat Grafik di Microsoft Word ini, silahkan berikan masukan apa kekurangan dan kelebihan artikel ini agar saya dapat memberikan artikel yang lebih baik lagi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum anda pahami mengenai artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Jangan lupa SHARE artikel ini ke teman-teman anda, Terimakasih.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Korek Gas
AUTHOR
8/19/2016 delete

mkasih gan, sangat bermanfaat sekali

Reply
avatar
Mang Eza
AUTHOR
8/19/2016 delete

iya makasih gan, |o|

Reply
avatar

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.