Cara Membuat Efek Foto HDR di Photoshop

8/24/2016
Apa kabar gan? Pada artikel kali ini saya akan membuat artikel masih tentang photoshop yaitu kita akan belajar membuat efek foto HDR, apa itu HDR? HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Jangkauan Dinamis Tinggi yaitu teknik yang sering digunakan untuk fotografi, foto yang digunakan biasanya adalah pemandangan alam.

Dengan menggunakan efek HDR ini kita bisa membuat foto menjadi sangat indah dan pencahayaan nya pun akan lebih tajam dan nyata, efek ini sangat cocok anda gunakan untuk mengambil pemandangan alam, pada saat kita mengambil gambar dengan kamera kebanyakan langit akan lebih terang sehingga tanah akan terlihat gelap, dengan efek ini anda bisa mengatasi semua itu dengan mudah.

Bagaimana cara membuat efek HDR?

Selain menggunakan kamera khusus anda juga bisa menggunakan software photoshop untuk memperindah foto anda, sebelum anda mengikuti tutorial dibawah ini silahkan dipersiapkan foto pemandangan atau foto apa saja yang ingin anda beri efek HDR, saya sarankan untuk memilih foto yang berkualitas tinggi agar hasilnya lebih memuaskan, jika tidak ada pakai saja yang ada, dari pada tidak sama sekali wkwkw.

Cara Membuat Efek Foto HDR di Photoshop


Cara Membuat Efek Foto HDR di Photoshop

Silahkan buka foto yang ingin anda beri efek menggunakan photoshop, jika sudah silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Langkah pertama silahkan pilih menu Image pilih Adjustments pilih Levels... atau jika ingin lebih cepat tekan Ctrl + L pada keyboard, maka akan muncul dialog Levels pilih Auto jika sudah pilih OK.



2. Langkah ke dua kita akan menggunakan fitur Shadows/Highlights, caranya pilih menu Image pilih Adjusments pilih Shadows/Highlights... maka akan muncul dialog Shadows/Highlights silahkan centang Show More Option kemudian atur Shadows, Highlights, dan Adjustments seperti gambar dibawah atau anda atur sendiri sesuai selera anda jika sudah pilih OK.



3. Langkah ke tiga kita akan menggunakan fitur Selective Color, caranya silahkan pilih menu Layer pilih New Adjustment Layer pilih Selective Color... lalu centang Use Previous Layer to Create Clipping Mask jika sudah pilih OK.



4. Jika langkah ketiga telah dilakukan maka akan muncul dialog properties seperti gambar dibawah ini, silahkan atur Colors : Reds, Blacks, Neutrals seperti gambar dibawah, atau anda juga bisa mengaturnya sendiri sesuai selera.



5. Selanjutnya duplikat layer background, caranya klik kanan pada layer Background pilih Duplicate Layer... pilih OK maka akan muncul Layer Background Copy.



6. Langkah terakhir silahkan pindahkan layer Background Copy ke atas, ubah mode menjadi Overlay kemudian atur Opacity menjadi 73% atau anda atur sesuai selera anda sendiri.



Lihat hasilnya.!!! Hasil dari tutorial ini hasilnya saya letakkan pada gambar paling atas artikel ini, silahkan dilihat perbedaan sebelum dan sesudah diberi efek HDR.Bagaimana mudah bukan?
Setelah anda ikuti langkah-langkah diatas maka foto anda sudah berubah menjadi lebih indah dan lebih tajam pencahayaan nya. Demikian artikel kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.