Cara Praktis Membuat Tulisan Berjalan Menggunakan Photoshop

7/10/2016
Pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuat tulisan bergerak atau berjalan menggunakan photoshop, pada tutorial kali ini saya menggunakan Photoshop CS6 tetapi tutorial ini bisa sobat gunakan pada photoshop versi berapa aja karena menu-menu pada photoshop tidak beda jauh dari versi-versi yang lain.

Tulisan bergerak dan berjalan yang akan kita buat ini biasanya sering digunakan untuk membuat ucapan selamat datang pada menu awal blog selain itu sobat juga bisa memanfaatkan cara ini untuk memasang banner atau iklan agar iklan tersebut terlihat mencolok di mata pengunjung, dan pengunjung pun tertarik dengan iklan tersebut dan mengunjunginya.

Untuk membuat tulisan bergerak kita akan membuat gambar tersebut menjadi ekstensi gif, bagi sebagian gambar yang bergerak atau berjalan yang biasa sobat temukan pada internet atau website itu memiliki ekstensi gif, tidak hanya membuat gambar berekstensi png dan jpg saja photoshop juga bisa digunakan untuk membuat gambar berekstensi gif loh.

Bagaimana caranya ?

Silahkan simak penjelasannya dibawah ini dengan teliti, jangan sampai ada langkah-langkah yang terlewatkan. Meskipun sobat masih pemula dalam menggunakan photoshop pasti sobat bisa membuat gambar berjalan karena tutorial dibawah ini akan saya jelaskan secara lengkap langkah demi langkah.

Silahkan simak dan ikuti langkah-langkahnya..!!!

Cara Membuat Tulisan Bergerak di Photoshop

1. Buka aplikasi photoshop sobat, dan pilih menu File pilih New atau sobat juga bisa menekan Ctrl + N pada keyboard, lalu atur ukuran gambarnya sesuai dengan yang diinginkan disini saya menggunakan ukuran 500 x 100 Pixel. (lihat gambar dibawah)



2. Pilih menu Window lalu pilih/centang Timeline maka akan muncul form timeline di bagian bawah lembar kerja Photoshop.



3. Selanjutnya buat tulisan sesuai dengan keinginan sobat caranya pilih menu Horizontal Type Tools, lalu pilih gaya huruf yang sobat inginkan lalu tulis teks di lembar kerja sebagai contoh disini saya menulis tulisan "Selamat Datang di Pantang Mulang Blog".



4. Langkah ke empat pindahkan layer tulisan ke sebelah kanan hingga keluar dari lembar kerja, caranya pilih Move Tool atau tekan tombol V pada keyboard lalu geserkan dengan menggunakan mouse atau dengan menekan tombol panah kanan pada keyboar hingga layer tulisan berada di sebelah kanan seperti yang ditunjuk panah nomor 2 pada gambar dibawah.



5. Pilih Duplicates Selected Frames (yang ditunjuk panah dibawah).



6. Lalu geser layer tulisan ke sebelah kiri lembar kerja cara nya sama dengan langkah no. 4 di atas, sampai hasilnya seperti dibawah ini yaitu layer huruf berada di sebelah kiri lembar kerja.



7. Pilih Tweens animation frames lalu setting tween seperti gambar dibawah ini, jika sudah pilih OK.



8. Pilih semua frame 1 sampai 12, caranya klik frame 1 lalu klik frame 12 sambil menekan tombol Shift pada keyboard, atau sobat bisa juga dengan cara klik satu persatu frame sambil menekan Ctrl. Hasilnya sama saja perbedaannya tapi lebih cepat menggunakan Shift.



9. Setelah frame terpilih semua lalu klik bagian selects frame delay times menjadi 0.2 ini berfungsi untuk mengatur kecepatan gerakan tulisan, dan pilih Selecting looping option menjadi Forever ini berfungsi agar gerakan tulisan berjalan tanpa henti.



10. Untuk melihat hasilnya silahkan klik Play animation (lihat panah gambar dibawah).



11. Jika dirasa sudah cukup silahkan di save dengan cara tekan Ctrl + Alt + Shift + S pada keyboard maka akan muncul form seperti dibawah ini pilih Save...



12. Maka akan muncul lagi form seperti dibawah ini pilih Format dengan Image Only lalu klik Save.



Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



Bagaimana sob mudah bukan? Jika sobat masih kebingungan silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah! pasti saya balas secepatnya. Demikian artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.