4 Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer dengan Lengkap

6/06/2016
Pernahkah Anda merasakan ketika menginstal sebuah aplikasi di perangkat komputer ataupun laptop tiba-tiba perangkat yang Anda gunakan menjadi lemot?

Biasanya ini terjadi karena spek komputer ataupun laptop yang Anda gunakan tidak sesuai dengan spek yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut, bahkan biasanya aplikasi tidak bisa berjalan dengan lancar atau sering mengalami masalah Not Responding.

Sangat penting bagi para pengguna komputer untuk melihat spesifikasi komputer ataupun laptop sebelum menginstal sebuah aplikasi karena jika tidak sesuai kinerja perangkat komputer akan cepat menurun.

Tetapi entah mengapa masih banyak orang yang tidak menghiraukannya mereka seringkali memaksakan menginstal aplikasi tersebut padahal spesifikasinya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan software yang dipasangnya.

Alasan lain akan pentingnya mengecek spesifikasi komputer atau laptop adalah ketika perangkat yang Anda gunakan bermasalah, misalnya saja ketika kinerja RAM komputer Anda sudah menurun pada saat Anda ingin mengganti dengan yang baru tentu saja harus disesuaikan terlebih dahulu dengan Motherboard komputer supaya komponen yang baru bisa berjalan dengan baik.

Apapun alasannya mengecek spesifikasi komputer adalah salah satu aktivitas yang seringkali dibutuhkan pada saat-saat tertentu, apalagi jika Anda sering memasang aplikasi atau game pada komputer. Oleh karena itu kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai panduan mengecek spek komputer.


Cara Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi, masing-masing cara tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Silahkan pilih salah satu cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Melalui DirectX Diagnostic Tool

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga silahkan coba cara ini karena kita akan melihatnya langsung melalui DirectX Diagnosti Tool atau yang biasa disingkat dxdiag. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada tampilan awal Windows atau desktop silahkan tekan Win + R pada keyboard maka akan tampil dialog Run silahkan tulis dxdiag pada kolom tersebut kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.


2. Setelah itu maka akan muncul secara otomatis DirectX Diagnostic Tool tampak seperti gambar dibawah.


Ada 4 tab yang bisa Anda lihat pada DirectX Dianostic Tool, berikut ini penjelasan singkatnya.
  • System: pada tab ini Anda bisa melihat informasi yang paling umum mengenai spesifikasi komputer atau laptop yang Anda gunakan.
  • Display: tab display menampilkan informasi mengenai VGA yang terpasang pada komputer Anda beserta informasi Drivers-nya.
  • Sound: tab sound menampilkan informasi mengenai Sound Card komputer yang Anda gunakan beserta informasi Drivers-nya.
  • Input: menampilkan informasi mengenai Input Device yang dipakai pada perangkat komputer yang Anda gunakan seperti Mouse dan Keyboard.

2. Melalui Pengaturan System

Apabila cara diatas dirasa terlalu ribet Anda bisa menggunakan cara kedua yaitu melihat spesifkasi melalui pengaturan System. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut.

1. Silahkan klik kanan pada My Computer untuk Windows XP dan 7, Untuk Windows 8 atau 10 klik kanan pada This PC. Selanjutnya pilih Properties.


2. Maka akan muncul informasi spesifikasi dasar komputer Anda seperti Processor, RAM, dan System Type selain itu Anda juga bisa melihat informasi mengenai jenis atau versi Windows yang sedang digunakan.


3. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Kedua cara di atas Anda bisa menggunakannya tanpa aplikasi tambahan karena cara tersebut masih menggunakan fasilitas yang telah disediakan secara default oleh Windows.

Berbeda dengan dua cara sebelumnya pada cara yang ketiga Anda perlu mendownload terlebih dahulu aplikasi CPU-Z, aplikasi gratis ini dapat membantu Anda untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop secara lengkap tanpa harus melakukan langkah-langkah yang ribet.

1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di sini, pilih yang ZIP • ENGLISH supaya Anda tidak perlu menginstalnya alias portable.

2. Apabila sudah di unduh silahkan buka aplikasinya yang sesuai dengan tipe sistem Windows yang Anda gunakan, tunggu prosesnya sampai selesai apabila sudah maka akan tampak aplikasinya seperti gambar dibawah.


Di sana terdapat informasi spesifikasi komputer Anda sangat lengkap mulai dari CPU, Chaches, Mainboard, Memory, SPD, Graphics, Bench, dan lain sebagainya silahkan lihat satu per satu tab untuk melihat informasinya.

4. Menggunakan Aplikasi Speccy

Sama halnya dengan CPU-Z, Speccy merupakan sebuah aplikasi gratis yang dapat menampilkan informasi spesifikasi lapotp atau komputer Anda secara lengkap akan tetapi tampilan Speccy lebih berwarna daripada CPU-Z dan juga informasi yang ditampilkan lebih lengkap.

1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Speccy di sini pilih yang Free. Kemudian instal seperti biasa.

2. Apabila sudah di instal silahkan buka aplikasinya, tunggu beberapa saat sampai semua komponen terdeteksi oleh aplikasi tersebut. Pada bagian Summary Anda bisa melihat spesifikasi umum komputer.

Di sana Anda dapat melihat informasi secara lengkap mengenai komputer Anda mula dari Sistem Operasi, CPU, RAM, Motherboard, Graphics, Storage, Optical Drives, Audio, Pheripherals, dan Network. Seperti pada gambar di bawah ini.


Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melihat informasi mengenai spesifikasi komputer ataupun laptop yang Anda gunakan.

Apabila Anda ingin mengeceknya tanpa aplikasi gunakan cara pertama dan kedua menggunakan fasilitas yang telah disediakan secara default akan tetapi informasi yang ditampilkan tidak lengkap hanya spesifikasi umumnya saja.

Tetapi jika Anda ingin melihatnya secara lengkap Anda bisa mengikuti cara ketiga dan keempat tetapi tentu saja Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasinya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
First

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.

EmoticonEmoticon